Register Now!

    Profil Masyayikh

    KH. Manshur Anwar (1929 – 1983)

    KH. Manshur Anwar [Abdil Barr} dilahirkan pada tanggal 20 Sya’ban 1325 H / 1907 M. Didusun Paculgowang Diwek Jombang. Ketika itu ayahandanya Almaghfurlah KH. Anwar  Alwi telah mengasuh pondok pesantren. Beliau adalah putera ke-empat dari pasangan KH. Anwar Alwi dengan Nyai Hj. Khodijah yang berjumlah dua belas.

    Beliau menimba ilmu di tanah suci selama empat tahun. Sepulangnya beliau dari Tanah Suci, Gus Manshur lalu meneruskan pelajarannya dipondok pesantren Tebuireng. Pondok yang berjarak dua kilometer dari arah barat Paculgowang  yang kala itu diasuh oleh  Hadrotus Syekh KH. Hasyim Asy’ari, seorang sahabat ayah beliau selama tiga tahun. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan belajarnya di pondok pesantren Lirboyo Kediri yang kala itu diasuh oleh  Hadrotus Syekh KH. Abdul Karim. Di pondok inipun beliau belajar selama tiga tahun.

    Selain sebagai seorang pejuang yang ikut memperjuangkan negara dari ke dzoliman penjajah, beliau juga sesorang pemangku pondok pesantren Paculgowang. Beliau menuangkan waktu dan tenaganya demi terciptanya kwalitas santri yang berilmu dan berbudi luhur. Sebagai aktifis organisasi, beliau selalu mencurahkan pikirannya demi kemajuan serta memberantas keterbelakangan umat islam melalui kegiatan-kegiatan yang tertampung dalam organisasi di daerah Jombang.

    Beliau meninggalkan beliau tepat pada pukul 23.00 hari Ahad tanggal 15 Agustus 1983 M. / 6 Dzul Qo’dah 1402 H, Hadrotus Syekh Al Mukarom KH. Manshur Anwar pulang Ke Hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Inna lillahi wa Innailaihi Roji’un.