Register Now!

    Kamis, 04 juli 2024, Madrasah Tarbiyatunnasyiin telas usai melaksanakan ujian tes masuk untuk siswa baru. Ujian tes masuk merupakan agenda rutin madrasah setiap awal ajaran baru.

    Sebagaimana pondok salaf lainnya. ajaran baru di mulai pada pertengahan bulan Syawwal. Ujian masuk terdiri dari tiga gelombang dan ujian dilakukan selama dua hari untuk setiap gelombangnya.

    Ujian masuk terdiri dari ujian tulis dan ujian lisan. Untuk materi ujian tulis disesuaikan dengan tingkatan masing – masing. Sedangkan ujian lisan terdiri dari membaca kitab, membaca Al – Qur’an, fasholatan dan do’a sehari – hari.

    Dalam pembacaan kitab, siswa akan ditanyai seputar nahwu, shorof serta pemahaman dari kitab yang dibacanya, mulai dari kitab Mabadi’ fiqhiyyah, Safinatu An Naja, Fathul Qorib sampai Fathul Mu’in.

    Siswa dianggap lulus tes, apabila total nilai minimalnya adalah enam koma satu (06,1) sedangkan siswa yang nilainya kurang dari batas minimal maka ditempatkan sesuai dengan kemampuan siswa yang dilihat dari hasil ujian, tutur Ustadz Prasetyo Anjasmara selaku ketua pelaksana ujian masuk.

    Lebih lanjut, beliau menuturkan untuk tahun ini jumlah siswa yang mengikuti ujian tes masuk berjumlah 39 siswa dari semua tingkatan yang terdiri dari siswa putra dan putri dan dari jumlah itu yang dinyatakan lulus berjumlah 31 siswa.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *